Sejarah HPA di Indonesia

Semenjak menggunakan Sistem Pemasaran MLM Syariah pada tahun 1997, HPA masuk ke Indonesia pada tahun 1999 yang dibawa oleh KH. Ajid Muhsin (alm). Sejak diluncurkan awal tahun 2000, kegiatan HPA difasilitasi oleh PT. Garma Putra Gestraco dan kemudian oleh PT Wahida Indonesia hingga Juni 2009.

Mulai tahun 2009, karena ada masalah serius dengan PT Wahida Indonesia, operasional HPA International berganti tangan ke PT AWMIT (Al Wahidah Marketing International). Berbeda dengan cara sebelumnya, PT AWMIT ini sebenarnya milik Tuan Haji Ismail juga, namun secara operasional dipimpin oleh orang Indonesia.

Alhamdulillah di bawah komando PT AWMIT ini, HPA berkembang pesat. Sehingga pada tahun 2011 konsep muamalahnya diperluas dengan pembentukan PT Herba Penawar Alwahida (HPA) Indonesia sehingga bisa menampung semua aspirasi pemangku kepentingan HPA di Indonesia. Sehingga mulai pertengahan 2012, PT HPA Indonesia mulai beroperasi dengan 20% kepemilikan ada di Tuan Haji Ismail dan sisanya merupakan milik umat muslim Indonesia.

Alhamdulillah, perusahaan ini mengalami kemajuan luar biasa. Namun seiring dengan itu, semakin sedikit produk-produk HPA Malaysia yang dijual oleh PT HPA Indonesia dan digantikan oleh produk-produk lokal Indonesia yang ternyata kualitasnya belum sebaik produk-produk HPA.

Hingga akhirnya, pada pertengahan 2016, HPA Indonesia memisahkan diri dari HPA International dan mengganti namanya menjadi Herba Network International (HNI) sehingga tidak lagi menjual produk-produk HPA dan tidak memiliki hubungan apa-apa dengan HPA International.

Karena itu, HPA International kembali memulai bisnisnya di Indonesia, sehingga pada tahun 2017, didirikan HPA International Center di lereng Gunung Merapi, yakni di Turi, Sleman, Yogyakarta sebagai pusat kegiatan HPA di Indonesia.

Pada tahun 2018, berdirilah Pesantren dan Masjid HPAIC Merapi beserta industri herba di Yogyakarta dan daerah-daerah lain untuk menyokong kegiatan bisnis HPA di Indonesia.

Masjid HPAIC Merapi sebagai lambang perjuangan HPA di Indonesia. Masjid ini berada di Komplek Pesantren HPAIC Merapi di Turi, Sleman, Yogyakarta
Masjid HPAIC Merapi sebagai lambang perjuangan HPA di Indonesia. Masjid ini berada di Komplek Pesantren HPAIC Merapi di Turi, Sleman, Yogyakarta

Hingga tahun 2021 ini, telah berdiri lebih dari 500 Kantor Cabang HPA di seluruh Indonesia dengan anggota hingga 115.000 orang.