Pesantren HPAIC

Masjid dan Pesantren HPAIC adalah simbol perjuangan HPA di Indonesia. Bangunan Masjid, Pesantren dan segala fasilitasnya, dibiayai oleh kegiatan Bisnis HPA di Indonesia. Para santri/santriwatinya dididik (GRATIS) untuk menjadi para penghafal Alquran yang menguasai juga ilmu pertanian dan herbalis sehingga menjadi entrepreneur handal.

Masjid dan pesantren ini terletak di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55551.

Para santri/santriwati Pesantren HPAIC Merapi sedang melaksanakan Upacara 17 Agustus
Para santri/santriwati Pesantren HPAIC Merapi sedang melaksanakan Upacara 17 Agustus

Sejarah Singkat

HPAI Centre di kawasan Gunung Merapi Jogjakarta (Desa Sidosari, Turi, Sleman Yogyakarta) merupakan ide cemerlang Tuan Haji Ismail dalam melanjutkan perjuangan di Indonesia.

Dimulai dengan tim kecil yang dibentuk oleh Tuan Haji dan juga wakaf tanah dari Ibu Supiyati (warga setempat) pembangunan Pesantren HPAIC dimulai tahun 2017. Pesantren ini memiliki fokus tahfidzul quran, thib nabawi, wirausaha di bidang herbal dan pertanian hidayah.

Dengan kondisi seadanya pesantren mulai beroperasi tahun 2018 dengan 27 santri (yang merupakan keluarga dari sebagian member PJS HPA). Seiring dengan pembangunan fasilitas (masjid, asrama, ruang belajar dan sebagainya), jumlah santri meningkat menjadi 250 (2019), 400 santri (2020), dan kini 500 santri (tahun 2021).

Sejak tahun 2019, Pesantren HPAIC mendapatkan ijin operasional dari Kementrian Agama dengan NSPP (Nomor Statistik Pesantren) 512334040107, sehingga memiliki bukti legal sebagai salah satu lembaga pendidikan pesantren di Indonesia.

Kini, dengan dukungan immaterial dan material dari Tuan Haji Ismail, HPA (Herba Penawar Al-Wahida) Industries Sdn. Bhd dan seluruh keluarga besar anggota HPA, Pesantren HPAIC Merapi telah menghasilkan para penghafal alquran dan penyuluh-penyuluh pertanian di seluruh Indonesia.

Wisuda perdana Santri/Santriwati Pesantren HPAIC Merapi Juli 2018
Wisuda perdana Santri/Santriwati Pesantren HPAIC Merapi Juli 2018

Perjuangan Terus Dilanjutkan

Syukur Alhamdulillah, Pesantren HPAIC Merapi telah mendapatkan lahan di Lhokseumawe dan Tegal sebagai bagian dari rencana perluasan dakwah ini. Ini merupakan komitmen HPA untuk terus menghasilkan sumber-sumber daya manusia bermutu prima di bidangnya sebagai sumbangsih bagi pembangunan Indonesia.