Apa itu E-Wallet HPA?
E-Wallet (Electronic Wallet) HPA adalah uang elektronik (seperti gopay, e-money) yang dititipkan para member ke dalam Sistem Keuangan HPA. Member bisa menitipkan bonus-bonus yang didapatkan dari HPA dalam bentuk e-wallet. Biasanya ini dilakukan oleh para member yang belum mencantumkan nomor rekening BSMnya di sistem HPA. E-wallet ini juga digunakan untuk menitipkan hasil penjualan produk para agenstok.
Adapun informasi saldo E-Wallet ini ditampilkan pada halaman pertama AVO (di hpa2u.com) setiap kali member login ke AVO. Lihat contoh:
Bagaimana Mendapatkan E-Wallet?
Jika Anda belum mencantumkan nomor rekening BSM di sistem HPA, maka secara otomatis bonus-bonus HPA yang didapatkan akan disimpan dalam bentuk E-Wallet. Selanjutnya, e-wallet ini bisa digunakan untuk membeli produk-produk HPA ke agen-agen stok. Setelah pembelian sukses, maka e-wallet member tersebut (sesuai dengan niali pembelanjaannya) akan ditransfer ke agenstok yang menjual produk.
Para agenstok pun kemudian bisa berbelanja produk HPA menggunakan e-wallet tersebut ke agenstok yang diatasnya, atau juga ke Warehouse HPA.
Berbelanja ke Agenstok menggunakan E-Wallet
Untuk berbelanja dengan E-Wallet sangat mudah. Anda cukup mengontak/mendatangi agenstok, kemudian berbelanja seperti biasa. Perbedaannya adalah, agenstok langsung menginputkan pembelanjaannya ke sistem HPA (hpa2u.com), kemudian agenstok meminta sistem untuk mengirimkan Kode TAC (Transaction Authorisation Code) ke pembeli melalui SMS. Kemudian, pembeli harus mengkonfirmasinya dengan memberitahukan kode TAC tersebut ke agenstok. Dengan kode tersebut, maka agenstok bisa melanjutkan transaksi tersebut. Setelah selesai, maka secara otomatis saldo e-wallet pembeli akan pindah ke e-wallet agenstok sesuai dengan jumlah harga produk-produk yang dibeli. Pembeli dalam hal ini tidak perlu membayar lagi, kecuali jika produknya harus dikirim dimana pembeli harus membayar ongkirnya (jika ada).
Hal yang sama terjadi jika ada agenstok (stokis atau PSD) yang membeli produk ke agenstok diatasnya. Namun, jika agenstok berbelanja ke warehouse, maka agenstok tersebut cukup memberitahukannya ke MIS HPA. Tidak ada proses konfirmasi via SMS.
Apakah E-Wallet ada masa berlakunya?
Tidak. Anda bisa menitipkan uang bonus di e-wallet HPA selamanya.
Tanya Jawab tentang E-Wallet
Mengapa saya tidak mendapatkan Kode TAC pada waktu berbelanja ke agenstok pada waktu berbelanja pakai e-wallet?
Ada beberapa hal yang harus dipastikan agar kode TACnya bisa terkirim:
- Pastikan nomor HP Anda sudah sesuai dengan nomor HP yang ada di HPA
- Pastikan nomor HPnya masih aktif/masih bisa digunakan untuk SMS dan telepon
- Pastikan HPnya mendapatkan sinyal sehingga bisa menerima SMS
Dalam beberapa kesempatan, kadang-kadang sistem HPA tidak mengirimkan Kode TAC secara otomatis. Jika ini terjadi, maka pembeli harus mengontak MIS HPA sehingga mereka bisa mengirimkan kode TAC secara manual.
Bonus saya selalu masuk ke E-Wallet, padahal saya sudah menginputkan Nomor Rekening BSM di sistem HPA. Mengapa?
- Pastikan Anda mengeset pilihan Bank In pada opsi pembayaran bonus di AVO hpa2u.com
- Karena alasan administrasi, bonus baru bisa ditransfer ke rekening BSM jika jumlah bonus minimal Rp. 150.000 pada bulan yang bersangkutan. Jadi, jika bonus Anda selalu kurang dari Rp. 150.000, maka bous-bonus tersebut akan selalu disimpan sebagai e-wallet.
Masa Aktif Kode TAC
Perlu diperhatikan bahwa Kode TAC memiliki masa aktif, yakni hanya 20 menit. Jadi, setelah SMS diterima oleh pembeli, maka agenstok paling lambat menginputkan kode TAC tersebut 20 menit kemudian. Jika tidak, maka transaksi harus diulang lagi.
Comments
Post a Comment