Facebook Marketing (1): Mencari Calon Pembeli Ideal di Facebook

FB Marketing 1

Apa itu Faebook Marketing? Secara simpel bisa diartikan? Strategi Pemasaran Melalui Facebook.???

Jadi, kita mengenalkan produk ke pembeli, membuat mereka membeli sampai mengubah mereka jadi pelanggan dilakukan di Facebook.

Mungkinkah?

Sangat mungkin sekali, dan banyak yang sudah merasakannya.

Ya, Anda membuat orang yang awalnya bukan siapa-siapa jadi pelanggan setia, menggunakan aplikasi buatan Om Mark Zukerberg, yaitu Facebook.

Menurut laporan dari We are Social bulan April tahun 2017, pengguna Facebook di Indonesia ada 111 Juta orang. Baaaanyaaak banget. Kalau sekarang sih, otomatis tambah banyak, hehe

Facebook menduduki sosial media dengan pengguna terbesar di Indonesia

Dalam prinsip pemasaran, dimana orang berkumpul, maka disitu Anda bisa promosi

Karena itu, manfaatkanlah Facebook ini. Siapa tahu jodoh Anda ada di Facebook. . Eh, jodoh produk Anda maksudnya

Secara garis besar, Pola Facebook Marketing itu ada 2.

Pertama, pola berbayar, dan pola gratisan.

Dalam 3 hari ini, Saya akan share Pola yang bisa di lakukan semua orang, yaitu pola gratisan. Kenapa tidak share pola berbayar? Karena pola berbayar belum tentu bisa di praktekan semua orang. Jadi kita bahas pola satunya. Tapi walaupun gratis, ternyata efeknya ampuh sekali lho untuk bisnis Anda.

Mungkin Anda sudah lama jualan di Facebook, tapi “belum” mendapatkan hasil yang diharapkan, silahkan ikuti setiap materinya. Siapa tau ada bagian yang terlewatkan dan bisa pelajari disini atau bahkan dapat pengetahuan baru.

Apa yang perlu dilakukan pertama kali?

Karena Saya akan share materinya bertahap, jadi Saya akan menjawab apa yang pertama kali Anda perlu lakukan?

Pertama dan utama, tentu buat akun Facebooknya, hehe.

Akun Facebook adalah syarat utama untuk mempraktikan materi ini, kalau gak punya, ya artinya gak bisa praktik, hehe.

Setelah akunnya dibuat?

Setelah itu, mulai isi temannya. .

Tentang teman ini, ada catatan penting dari Saya. Kita harus paham, jika memang ingin menggunakan Facebook sebagai media promosi, maka Anda harus mengisi mayoritas temannya dengan Target pasar Anda.

Kenapa begini?

Karena yang melihat postingan kita adalah orang yang paling memungkinkan membeli Produk kita. Kalau yang melihat bukan target pasar, maka sekeren apapun promosinya, akan diabaikan oleh mereka. Mereka terus scroll-scroll kebawah tanpa peduli dengan postingan Anda, hehe. Karena itulah Anda harus isi teman Facebooknya dengan Target pasar.

Target pasar adalah orang yang punya kemungkinan besar untuk tertarik kemudian membeli produk Anda. Pertanyannya, Gimana Cara menemukan Target Pasar produk Anda?

Karena Anda penjualnya, tentulah Anda yang paling tahu siapa target Anda.

Lakukan analisa siapa target pasar Anda, dan dimana mereka berkumpul. .

Isi pertanyaan di bawah ini.

Saya menjual produk . . .
Target pasar Saya adalah. . . .
Dan mereka adalah anggota dari Grup. . .
Dan Follower dari Fans Page . . .

Contohnya

Saya menjual produk Buku bertema Motivasi
Target pasar Saya adalah Sarjana atau para pekerja
Mereka adalah anggota dari Grup Grup lowongan Kerja
Dan Follower dari dari Fans Page Ippho Santosa

Ini contoh ya. .

Jadi setelah mengetahui siapa Target pasar Anda, tigas berikutnya adalah mencari tahu “Sarangnya” ada dimana.

Sebelum Anda mulai perburuan invite target pasar, setting akun Anda mulai dari profile, gambar cover, Display picture, bio, dan postingan-postingan yang berhubungan dengan produk dan bermanfaat untuk target pasar yang Anda bidik.

Jangan lupa setting akun Facebook Anda agar bisa di lihat public atau orang yang belum berteman dengan Anda.

Kenapa begini?

Karena kalau akun Facebook Anda kosong, maka orang lain tidak mau berteman dengan Anda, hehe. Paham?

Terus bagaimana cara invite temannya? Ada banyak cara, tapi Saya akan share cara paling mudahnya, hehe

Caranya begini. .

Cari tokoh yang disukai target pasar Anda. Biasanya tokoh tersebut punya Fanpage. . Selain tokoh, cari juga Grup yang mungkin diikuti oleh target pasar Anda. Kalau bisa, cari fanpage dan cari grupnya gak cuma 1 ya. Minimal 10 lah, hehe.

Oh ya, selain fanpage dan grup, follow juga akun kompetitor Anda yang Anda anggap penguasa Market.

Setelah dapat 3 hal diatas terus apa?

Invite orang-orang yang melakukan Like, Share, atau komen di akun tersebut. Mereka merespon postingan di akun tersebut itu artinya mereka aktif di Facebook. Percuma kan kalau gak aktif, gimana cara jualan ke orang yang gak aktif? Hehe.

Itulah cara untuk mendapatkan target pasar yang ideal. Jadikan mereka teman Anda.

Sekali lagi, orang yang paling mungkin merespon promosi Anda adalah teman dan follower Anda. Jika Anda mengisi teman Facebooknya bukan dengan Target pasar, maka mereka akan cuek dengan postingan Anda.

Batasan

Walaupun Anda tahu caranya. Jangan langsung Invite semua orang sekaligus. Invitelah maksimal 50 akun/hari. Kalau lebih facebook Anda akan dianggap spamming. Dan terjadilah hal-hal yang tidak mengenakan, hehe

Ingat, 50 orang per hari ya. .

Agar diterima

Selain cara diatas, kita harus berfikir. Kenapa orang mau berteman dengan kita? Mereka mau berteman, karena banyak alasan. Pertama dilihat dari nama akun dan foto profile

Karenanya, jangan gunakan nama akun yang terlihat alay, dan foto profile yang kepalanya miring-miring, hehe. Sulit untuk di accept permintaan pertemanannya. Juga, pakailah nama orang bukan nama toko atau produk. Mereka pakai facebook untuk bersosialisasi. Pakai nama toko atau nama produk, akan susah diterima pertemanannya.

Kedua, mereka juga lihat jumlah teman yang sama alias mutual friendnya

Ketiga, mereka lihat status-status kita. Kalau isinya hanya jualan. . . Ya gitu deh. . Belum berteman sudah ketahuan mau di prospekin, hehe. .

Karena itulah, pentingnya hias akun kita sebelum mulai tambah teman. .

Oh ya, Anda juga bisa Like dulu beberapa status target pasar baru invite. Ini memperbesar kemungkinan untuk diterima. Nanti, semakin banyak teman Anda, maka akan muncul di suggest friend orang lain.

Kalau tadi Anda cari target pasar, bisa jadi target pasar Anda datang sendiri mau berteman dengan Anda, hehe.

Kalau ada yang invite. Cek akunnya, kalau dia sesuai target, terima saja. Jangan sok jual mahal, huehehe.

Sesekali cek ini juga..

Saat Anda mengirimkan permintaan pertemanan, belum tentu semua akan terima, dan akhirnya terjadi penumpukan. . Agar tidak dibatasi oleh Facebook, sesekali buka link

https://m.facebook.com/friends/center/requests/outgoing

Setelah masuk ke web itu, ke menu request, lalu klik Undo orang-orang yang belum menerima pertemanan Anda. Hal ini akan membuat Anda membatalkan penumpukan permintaan pertemanan.

Jika Anda sudah melakukan itu, Anda boleh invite orang yang sebelumnya Anda undo, atau
invite orang lain lagi.

Target per hari

Facebook membatasi pertemanan hanya untuk 5000 orang saja. Nah, buatlah target harian, agar teman setiap hari Anda punya progress. Katakanlah setiap hari tambah 50 orang, lalu dari 50 itu yang terima 20 orang, maka 20 x 30 = 600

Dalam 2 bulan, akun Facebook Anda akan berteman dengan 1200 target pasar. Wow, enaaak. . hehe

Setelah Berteman, terus apa?…

Sabaaar dong, pegel nih ngetiknya, hehe.

Baca ulang lagi dari atas ya? Supaya Anda benar-benar paham. Buat catatan dan kirim ke Grup WA jika ada yang ingin ditanyakan…

Siap?!

[Artikel ini disalin dari Kuliah WA oleh Abu Kholif Zulyanda (EntrepreneurID) dan dimodifikasi seperlunya]

Comments

Popular posts from this blog

Alkali Spray